Ayam Jago Kanibal

Ayam Jago Kanibal

Ayam Jago Kanibal Ayam Jago Kanibal - Ayam jago Kanibal artinya ayam yang suka memakan ayam lainnya atau mematuk ayam lain. Bagi pemilik ayam petarun

7 Ciri Ayam Pakhoy Berkualitas
Ciri Ayam Bangkok Aduan Laga S128
Mengobati Penyakit Kuning Ayam Bangkok Aduan
Legenda Ayam Panus Bangkok
Cara Menyembuhkan Mata Ayam Arena Besar Laga S128

Ayam Jago Kanibal

Ayam Jago Kanibal – Ayam jago Kanibal artinya ayam yang suka memakan ayam lainnya atau mematuk ayam lain. Bagi pemilik ayam petarung ini hal yang menguntungkan namun bila terjadi dengan ayam biasa atau ayam peliharaan tentulah sangat merugikan.

Ada beberapa penyebab yang dapat memicu ayam menjadi kanibal, dan pada umumnya adalah karena sifat alami serta kesalahan manajemen pemeliharaan, seperti berikut ini:

1. Sifat alami (Factor genetik)
Sifat kanibal bisa saja terjadi hampir pada semua jenis ayam, baik itu pada ayam kampung, ayam Bangkok, ataupun ayam ras (petelur/pedaging), yang merupakan sifat alami, atau factor genetik alami dari ayam itu sendiri, seperti suka mematuk dan berkelahi.

2. Ayam stress
Pemicu lain yang menjadikan ayam menjadi kanibal adalah ayam mengalami stress, ayam yang stress bisa saja menyerang dan mematuk kawannya sendiri.

Sedangkan untuk penyebab ayam stress itu sendiri banyak sekali diantaranya adalah: perubahan cuaca yang ekstrim, suhu kandang yang terlalu panas, perubahan ransum secara tiba-tiba, dan banyak lagi lainnya.

3. Kandungan nutrisi pakan tidak tercukupi
Ayam yang kekurangan batu-batuan (grit), kekurangan mineral (NaCI dan Kalsium) serta kandungan nutrisi lainnya juga dapat memicu timbulnya sifat kanibalisme.

Misalnya: pada ayam petelur, terkadang ayam suka mematuk telurnya sendiri guna untuk menambah kekurangan kalsium, atau pada ayam boiler yang suka mematuk bulu, pial, atau jari-jari kaki ayam lainnya.

4. Manajemen pakan kurang tepat
Kurangnya ketersediaan pakan, pemberian pakan tidak teratur, tempat pakan kekecilan, tempat pakan jumlahnya sedikit, dan tidak sesuai dengan jumlah ayam yang dipelihara.

Semua hal tersebut juga dapat menyebabkan sifat kanibalisme itu muncul karena ayam akan berebut untuk makan ataupun minum, yaitu dengan saling mematuk.

5. Umur atau besar ayam tidak seragam
Keseragaman umur dan besarnya ayam juga harus anda perhatikan, agar sifat kanibalisme dapat diminimalisir, karena kebanyakan ayam yang lebih besar atau dewasa akan menyerang ayam yang lebih kecil atau yang masih muda.

6. Penyakit parasit
Penyakit parasit yang dapat memicu terjadinya kanibalisme adalah penyakit parasit luar yaitu seperti: kutu, caplak, tungau, dan pinjal, karena ayam akan mematuk-matuk tubuhnya yang terasa gatal, bahkan bisa sampai luka dan berdarah.

7. Warna yang mencolok
Warna yang mencolok juga dapat merangsang ayam untuk menyerang atau mematuknya, dan warna yang paling disukai ayam adalah warna merah atau kuning, biasanya terdapat pada jengger ayam, jari-jari ayam, atau anggota tubuh lain.

8. Penerangan yang berlebih
Pemberian lampu penerangan tambahan yang berlebihan juga dapat menyebabkan ayam kanibal, apalagi saat malam hari.

Yang seharusnya waktunya ayam beristirahat, tetapi karena kondisi kandang yang terang, sehingga membuat ayam tetap beraktifitas dan bisa-bisa menyerang ayam lainnya.

Older Post