Memilih Induk Ayam Aduan

Memilih Induk Ayam Aduan

Memilih Induk Ayam Aduan Memilih Induk Ayam Aduan - memahami cara memilih indukan ayam aduan yang baik merupakan suatu keharusan. seekor induk betina

Game Terpopuler Dari Game Sabung Ayam Online S128
Ayam Jago Kanibal
Panduan Cara Mengetahui Hasil Pertarungan Ayam S128
Jenis Ayam Aduan
Cara Melihat Ayam Aduan Yang Siap Tanding

Memilih Induk Ayam Aduan

Memilih Induk Ayam Aduan – memahami cara memilih indukan ayam aduan yang baik merupakan suatu keharusan. seekor induk betina mungkin bisa diibaratkan sebagai mesin utama dalam sebuah peternakan ayam aduan, dan khusus untuk urusan breeding, sering berperan lebih ‘penting’ dari pada pejantan. memilih induk ayam betina yang baik tidak lah mudah, mungkin lebih sulit dari pada memilih pejantan yang berkualitas. seekor pejantan bisa kita pilih dengan melihat teknik bertarungnya dalam menghadapi berbagai tipe lawan, namun memilih seekor induk betina yang baik tidak cukup demikian.

Induk cetak merupakan induk yang memiliki kecenderungan resesif dalam keturunan. anak-anak yang dihasilkan akan cenderung mirip dengan bapaknya. seekor induk cetak yang baik, akan menghasilkan anak-anak yang jelek ketika pejantannya jelek. begitu juga sebaliknya akan menghasilkan anak-anak bagus ketika pejantannya bagus. apabila induk cetak dikawinkan dengan pejantan yang tidak bagus dan anaknya bagus, maka ia gagal dalam kriteria induk cetak dan harganya turun.

Induk cetak bisa cetak teknik, cetak fisik atau cetak semuanya. untuk uji cetak fisik, yaitu dengan cara mengawinkan berbeda bulu ataupun bentuk jengger yang berbeda. seekor induk cetak berwarna hitam harus menghasilkan anak -anak berwarna putih ketika pejantannya berwarna putih. Bila kita kawinkan dengan ayam katai, maka anaknya pun harus berukuran kecil. kemudian untuk uji cetak teknik, harus dikawinkan dengan pejantan yang berteknik jelek, lalu dengan pejantan berteknik bagus. seekor induk betina yang cetak sempurna, harganya bisa sangat mahal dan tidak realistis. induk cetak bisa berasal dari galur murni maupun campuran atau turunan yang sudah jauh.

1. Bentuk kepala Ayam bangkok betina
yang akan digunakan sebagai babon sebaiknya memiliki bentuk kepala yang bila dilihat dari depan menyerupai bentuk kepala ular. Ayam betina dengan bentuk kepala seperti ini umumnya akan menghasilkan anakan yang memiliki pergerakan luwes, terutama jika dikimpoikan dengan jantan yang berkepala menyerupai buah pinang.
Pergerakan kepala yang luwes memungkinkan ayam bangkok yang dihasilkan dari proses breeding memiliki kemampuan menghindari pukulan lawan yang baik. Ayam bangkok menjadi sukar dipukul oleh lawannya.

2. Mata Mata ayam bangkok betina yang menjorok ke dalam
biasanya menandakan bahwa ayam tersebut memiliki sifat keibuan. Ayam betina calon indukan dengan ciri ini kelak akan merawat anaknya dengan baik hingga tumbuh besar. Tingkat keberhasilan dari proses pengeraman yang dilakukan oleh ayam betina bermata cekung umumnya juga lebih tinggi. Oleh karena itu, jika Anda ingin tingkat keberhasilan breeding tinggi jangan mengabaikan ciri yang satu ini. Selain itu, usahakan pula untuk memilih ayam bangkok betina dengan mata yang bersih. Kebersihan kelopak mata menunjukan bahwa ayam tersebut sehat dan bebas dari penyakit-penyakit serius.

3. Bentuk badan Bentuk badan ayam bangkok betina yang baik
untuk dijadikan indukan adalah bentuk badan yang menyerupai bentuk botol. Hal ini bisa Anda rasakan dengan memegang bagian dada dan perut ayam dari bawah sembari mengangkatnya. Jika terasa nyaman dipegang, maka ayam betina tersebut tergolong baik, sedangkan jika sebaliknya, maka lebih baik ayam betina tersebut dijadikan ayam potong saja.

4. Kaki Dalam ilmu katuranggan,
bentuk dan wujud kaki sering menjadi pertimbangan utama ketika akan memilih ayam aduan. Hal yang sama juga berlaku saat kita memilih ayam bangkok betina untuk indukan. Kaki dengan sisik kering dan jari yang panjang biasanya dipilih sebagai prasyarat dalam menghasilkan anakan calon juara. Kaki seperti ini umumnya akan menghasilkan anak ayam bangkok dengan pukulan mematikan.