Ayam Kate

Ayam Kate

Ayam Kate Ayam Kate atau ayam katai atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Ayam Bantam, pertamakali ditemukan oleh para pedagang Eropa, sekitar ta

Melatih Otot Kaki Ayam Bangkok
Melatih Anakan Ayam Bangkok
Jenis Ayam Aduan
Memilih Induk Ayam Aduan
Memilih Bibit Ayam Aduan

Ayam Kate

Ayam Kate atau ayam katai atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Ayam Bantam, pertamakali ditemukan oleh para pedagang Eropa, sekitar tahun 1700an di pelabuhan di pulau Jawa bernama Bantam, atau kita lebih mengenalnya sebagai Karesidenan Banten, atau sekarang Provinsi Banten.

Karena bentuknya yang mini dan lucu, ayam jenis ini banyak digunakan sebagai ayam hias, bukan ayam pedaging atau petelur. Dari pertamakali ditemukan oleh para pedagang Eropa pada tahun 1700an tersebut, ayam kate sudah banyak mengalami persilangan, dan populasi asli ayam kate sendiri sudah sangat kecil.

Salah satu hasil persilangan terakhir adalah Ayam Serama pada tahun 1971 yang dilakukan oleh pebudidaya di Malaysia, dan menjadi ras ayam terkecil di dunia.

Jenis-jenis ayam kate hias

  • Ayam Kate berbulu (Feather-Legged), yaitu jenis ayam kate yang memiliki bulu pada kakinya. Ayam yang termasuk dalam kategori ini adalah Brahma, Kate Sultan, Kate Conchins.
  • Ayam Kate Tanpa Bulu Kaki Lainnya (All Other Clean-Legged), yaitu jenis ayam kate yang tidak memiliki bulu pada kakinya. Jadi, kebalikannya dengan feather-legged. Ayam yang masuk dalam kategori ini adalah Yokohama, Polandia, Sisilia buttercups, Araucanas dan Buckeyes.
  • Ayam Kate Jambul Mekar dan Bulu Kaki (Rose-Comb Clean-Legged), yaitu jenis ayam kate yang memiliki jambul mekar yang mirip seperti bunga mawar dan memiliki bulu pada kakinya. Ayam yang termasuk dalam kategori ini adalah Rosecombs dan Sebrights.
  • Ayam Kate Jambul Tanpa Bulu Kaki (Single-Comb Clean-Legged), yaitu jenis ayam kate yang memiliki jambul tapi tidak memiliki bulu kaki. Ayam yang termasuk dalam kategori ini adalah Plymouth Rocks, Orpingtons, Rhode Island Reds , Australorps dan Leghorns.
  • Ayam Kate Pertunjukan (Game Bantam), yaitu jenis ayam kate yang memiliki tubuh yang ramping, kaki panjang dan sangat aktif. Ayam ini biasanya untuk pertunjukan.
    Kate Mahkota, Jenis kate ini memiliki postur tubuh yang besar dan tegap. Sesuai namanya, pada bulu kepala ayam jenis ini mengembang dan membentuk seperti mahkota. Pada ayam jantan mahkotanya panjang dan pipih mirip dengan bulu ekornya. Dan pada ayam betinanya mempunyai bulu mahkota yang panjang mirip rambut kribo hampir menutupi matanya. Ayam ini sangat tenang dan sedikit bergerak. Warnanya hanya ada dua yaitu putih dan hitam polos, dan kakinya berwarna abu-abu gelap.
  • Kate Sutera, Jenis kate ini berasal dari Negara Inggris, ciri khasnya pada kelembutan bulunya yang mirip dengan sutera dengan warna putih bersih. Jenggernya kecil berwarna merah mawar. Ciri khas ayam jenis kate pendatang ini yaitu pada sepasang pial kate yang berwarna unik, yaitu putih belang dengan warna ungu. Menggantung dibawah rahang dengan bentuk yang kecil.
  • Kate Peking, jenis kate ini juga berasal dari Negara Cina, Tungkainya berbulu panjang yang membuatnya dipanggil kate berkaki pedang. Karena hal tersebut ayam jenis kate pendatang ini menjadi kesusahan mengais tanah, jadi aman jika dilepas di taman keluarga.
Newer Post
Older Post